WEB BLOG
this site the web

Dari Bilik Pesantren (bag Ketiga dari 3 tulisan/tamat)

Begitu sering kita mendengar ungkapan orang tua yang berkata kepada anak-anaknya :

“Nak, kalau kamu pinter, nilai kamu bagus, papa akan daftarkan kamu ke seklah unggulan…tapi kalau kamu malas-malasan, dan nilai kamu jelek, maka jangan salahkan papa kalau papa akan masukkan kamu ke pesantren…biar kapok..!!”

Masih banyak ungkapan sejenis yang sering kita temukan bukan? Yang intinya adalah pesantren itu tempat kumuh, kotor, kuno, kejam, dan menyakitkan, sehingga pantas sebagai tempat “rehabilitasi mental” bagi generasi bangsa. Saat ini ada istilah baru lagi untuk menyebut pesantren, yaitu “penjara suci”…sebuah istilah yang terkesan indah, tapi sebenranya sama saja..Mau disebut apapun, penjara ya tempat hukuman, bukan begitu??

Sebagai alumni pesantren, saya jelas tersinggung dengan ungkapan itu. Tapi sejujurnya, memang keadaan pesantren kebanyakan demikianlah adanya. Figur Kyai memang sentral, tapi sisi buruknya adalah keluarga kyai jadi golongan yang “exlusif” dan merasa Can Do No Wrong, sehingga efeknya, kalau pesantrennya masih kecil, akan berat bagi kyai untuk menghandle sendiri amanhanya, kalau toh sudah besar pesanteen itu, penyakit KKN akan muncul, sehingga meski kurang mempunyai kualitas, tapi masih kerabat dekat Kyai, maka biasanya bisa menduduki posisi “strategis’ dalam dunia pesantren.

Sisi lain dari pesantren adalah, terlalu Jumud (kolot) dalam menerapkan sitem pembelajaran. Sehingga pembahasan dan pembelajaran hanya berkutat di masalah fiqhiyah dan Aqidah. Ini bukan salah, tapi tentu harus di tambahi secara gradual untuk mnyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dan yang jelas terlihat adalah, terlalu bergantungnya pesantren kepada figure kyai, sehingga ketika Kyai tersebut meninggal,, maka pesantrennya ikut mati

Dalam tulisan ini, tanpa bermaksud membanding-bandingkan, saya coba tuliskan sedikit tentang pembaharuan system manajemen pesantren, yang dilakukan oleh –sebut saja- Pondok Madani (menyesuaikan dengan sebutan pesantren di Novel “negeri 5 menara”) salah satu pesantren Modern Terbesar Di Jawa Timur . Sistem ini mungkin belum sempurna, tapi sebagai benchmark, saya kira antas untuk di bahas…

Pesantren Madani, sejak tahun 1960-an para pendirinya telah mewakafkan seluruh tanah yang mereka milik kepada umat yang diwakili oleh lembaga yang bernama badan wakaf. Jadi ini memang dilakukan untuk mengindari konflik antar keluarga kyai yang jamak terjadi ketika kyai sudah meninggal. Maka dengan wakaf itu, segenap keluarga kyai tidak mempunyai hak lagi di kemudian hari untuk mengambil fasilitas dari pesantren, kecuali kalu memang keluarga tersbut qualified dan ikhlas membantu pesantren.

Dalam pengembangannya, pesantren ini mengembangkan program “Panca Jangka”. Untuk istiqomah menjaga kualitas pesantren dan ruhul ma’hady yang ada. Kelima program jangka panjang itu adalah :

1 . Pendidikan Dan Pengajaran

Pesantren ini dulunya bermula dari sebuah Madrasah Kecil di zaman colonial Belanda. Para Muridnya juga hanya datang dari bebarapa tempat di sekitar desa tempat pesantren itu berdiri. Tapi para keluarga pendirinya sepakat, mengirimkan putra-putra mereka ke semua lembaga pendidikan yang maju di Indonesia waktu itu. Sehingga dari hasil “benchmark” itulah kemudian berdiri Pondok Madani dengan pembaharuan kurikulum pengajaran yang revolusioner pada masanya.

Perbaikan system pendidikan terus menerus dilakukan. Daintarnya dengan mendatangkan bebrpa pengajar langsung dari luar negeri. Maupun sebaliknya, mengirimkan guru-guru untuk pelatihan atau di biayai untuk studi di luar negeri. Hal ini selaras dengan kaedah ushul fiqh yang terkenal :

“Al-Muhafadzah ‘ala Al-Qadim As-Shalih wal Al-Akhdzu bil Jadid Al-Aslah”
(menjaga tradisi lama yang masih baik, dan mengambil hal baru yang lebih baik)

Seiring dengan perkembangan zaman, dan banyaknya guru-guru yang dikirim ke luar negeri sudah kembali ke pesantren, semenjak tahun 70an juga telah di bangun perguruan tinggi Islam di pesantren tersebut. Dengan bahasa pengantar Arab dan Inggris. Dan skripsi yang juga harus ditulis dengan bahasa Arab atau Inggris. Saat ini, perguruan tinggi pesantren tersebut tengah merintis program pasca sarjana. Hal ini untuk mewujudkan cita-cita pendiri pesantren, yaitu terciptanya lembaga perguruan tinggi Islam yang besar dan bermutu.

2.Infrastruktur Dan Pergedungan

Bicara soal fasilitas pergedungan. Bukan hanya bicara soal sarana kelas dan asrama saja. Tapi lebih dari itu, adalah juga pembangunan fasilitas yang mendukung terciptanya miliu dan lingkungan pesantren secara utuh dan dinamis.

Di pesantren Madani diatas, sejak dulu memang ada aturan yang melarang para santri berhubungan langsung terlalu sering dengan masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan. Karena nilai-nilai yang diajarkan di pesantren, jelas berbeda dengan apa yang “diajarkan” oleh masyarakat. Maka untuk mendukung hal itu, maka pesantren juga harus siap dengan infrastukturnya. Maka didirikanlah Koperasi Pelajar yang menyediakan segala kebutuhan santri, sehingga santri tidak perlu membli di luar. Didirikanlah Gedung Olah raga, agar santri juga bisa menyalurkan bakat dan minatnya tanpa harus pergi keluar. Saran informasi, baik itu internet maupun Koran untuk mewadahi kebutuhan santri akan informasi. Dibanguan fasikitas kesehatan, sebagai tindakan pertama bagi santri yang sakit. Dibangun kantin dan rumah makan yang dikelola sendiri oleh santri agar para santri juga tidak perlu jajan diluar…dan masih banyak lagi…

Maka hal inilah yang menjadi perhatian penting. Terkadang pesantren begitu menggebu-gebu dengan program tertentu atau disiplin tertentu, tapi mengesampikan factor ini. Hal ini, pada jangka pendek akan membuat program tersebut tidak optimal, dan pada jangka panjang akan membuat aturan tidak lagi diikuti oleh santri, karena toh akan berubah juga.

3 . Sumber dana (pembiayaan Pesantren)

Inilah point pentingnya. Sesuai dengan filosofi pendirian pesantren yang saya tulis pada bagian pertama lalu, bahwa inisiatif pendirian asrama dan prasaran lain adalah dari santri. Tapi tidak semua santri datang dari keluarga mampu yang bisa begitu saja menyumbang untuk pembangunan asramanya. Maka pesantren harus punya inisiatif untuk mencari sumber dana lain yang tidak memberatkan santrinya

Mengandalkan bantuan pemerintah?? Wah, bisa karatan nunggunya, apalagi dengan segala prosedur dan “potongan” yang ribet ga karua-karuan. Di pesantren Madani, kyai-nya berinisiatif untuk membangun unit-unit usaha ekonomi yang semuanya dikelola sendiri oleh staff pesantrean. Sampai saat ini, tercatat ada kurang lebih 22 unit usaha yang dimiliki pesantren. Dari mulai Toko Buku, Toko Besi, Pabrik Es, Pabrik Roti, hingga pengelolaan hutan di Sulawesi. Sehingga segala pembangunan di pesantren madani, tidak semata tergantung iuran SPP santri, dan juga tidak harus menunggu bantuan dari pihak lain.

Maka antum boleh percaya boleh tidak, uang mondok (plus Uang makan 3 kali sehari) di pesantren madani tersebut adalah Rp 170.000 sebulan. Coba antum cari di seluruh pelosok negeri, dimana ada ongkos kost seharga gitu plus uang makan?? Kualitas makannya bagaimana? Jangan ragu, dua kali seminggu ada menu daging / ikan pada hari Jumat dan selasa…Lalu bagaimana bisa semurah itu?? Rahasianya, tidak semua tanah wakaf yang di wakafkan oleh donator itu dibuat untuk pesantren. Ada yang terus ditanami dan digarap oleh pesantren sebagai lahan sawah garapan, yang hasilnya ya untuk makan santri itu….

4 . Kaderisasi

Perhatian utama untuk kelangsungan hidup pesantren di masa depan adalah kaderisasi. Karena berapa banyak pesantren di Indonesia yang Berjaya tapi kemudian menghilang seiring meninggalnya kyai sebagai sentral figurnya?? Atau ketika penggantinya justru tidak memahami tentang tantangan pesantren masa depan?? Sehingga kebijakannya bertolak belakang dengan cita-cita almarhum pendirinya??

Maka disinilah diperlukan proses kaderisasi yang berkelanjutan, untuk menjamin berlangsungnya perjuangan dan tercapainya cita-cita pesantren. Kader ini adalah asset utama. Mungkin hasilnya tidak bisa dirasakan seketika. Tapi kelak, dimasa yang akan datang, hasil manis dari infestasi itu akan sangat terasa.

Sejak awal berdirinya, pesantren madani sudah mulai mengirim banyak kadernya ke tomur tengah maupun ke Eropa, selama bebrapa tahun, mereka di biayai oleh pesantren sampai tuntas study-nya. Hasilnya? Ketika saat ini lembaga pesantren ini akan membuka program pasca sarjana, tidak sulit mencari pengampu yang menguasai bahasa Arab dan Inggris, hasil dari investasi kader yang dilakukan puluhan tahun lalu….

5 . Kesejahteraan Keluarga Pondok

Berusaha supaya kehidupan pendiri dan pengasuh tidak mejadi beban Pondok . Sebab Pondok adalah tempat beramal. Pendiri dan pengasuh-pengasuh Pondok- pun haruslah beramal kepadanya. Maka tidaklah pada tempatnya apabila mereka menggantungkan hidupnya pada Pondok . Bahkan sebaliknya Pondok Pesantren bercita-cita untuk adanya kedermawanan pengasuh-pengasuhnya dan kepada Pondok.

Ma’isyah para guru adalah hak, tapi bagaimana agar itu tidak mambebani keuangan pesantren?? Untu alasan itu lah, pesantren memang sudah seharusnya memiliki unit usaha ekonomi yang mendukung hal ini. Unit-unit tersebut dikelola langsung oelah para guru, tapi dengan manajemen keuangan satu pintu. Sehingga selain bisa lebih di kontrol, juga untuk menghindari kesan “area basah” dan “area kering” bagi para guru yang bertgas di tempat tersebut. Di Pesantren madani, tidak ada perbedaan ma’isyah, antar guru-guru yang menjaga unit-unit usaha tersebut, dan guru-guru biasa. Dan tidak ada kepastian nominal. Karena, seperti yang saya tuliskan sebelumnya, ada ruh keikhlasan yang harus dijaga. Maka konsep ma’isyah di pesantren madani, adalah kalau di sesuaikan dengan keuntungan dan laba unit-unit usaha pesantren tersebut, setelah di kirangi dengan prioritas pengembangan pesantren. Semua tercatat, dan transparan, dilaporkan setiap tahun oleh kyai kepada sidang badan wakaf.

Begitulah…Pesantren adalah lembaga pendidikan islam tertua di Indonesia. Nilai-nilai filosofinya tidak boleh hilang bahkan jangan sampai berubah. Tapi pengelolaan, metodologi, dan manajemennya harus senantiasa diperbarui. Sehingga kelak kita akan mendengar nasihat manis kita kepada anak-anak kita…

“Nak…belajar yang rajin ya…kelak jika engaku pandai, teruskanlah belajarmu di pesantren…sebab dia bukanlah sebuah penjara”

tamat

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies